THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 14 Oktober 2008

Steak (cinta) Ayam Teriyaki


Hari ini lagi pengen banget bikin steak ayam, mau bikin khusus buat suamiku tercinta. Karena katanya dy mo makan mlm dirumah. Pulang kerja dengan semangat 44,5 (semangatnya blm smp 45) gw mampir ke Giant buat beli bahan2nya. Eh nemu dada ayam boneless yg bentuknya love. Dah tuh,lupa sama cape + lemes (kebetulan aku puasa syawal hari ini), semangatku dah mulai 45. Sampe rumah istirahat sebentar,sholat maghrib trus mulailah meracik bumbu buat ngerendem ayamnya. Sambil nunggu kurang lebih 30 menit biar bumbunya ngeresap, gw telponlah suamiku... helahndalah..ternyata dy mampir ke cibubur..so pasti pulangnya mlm donk smp rumah..kenape ga bilang drtd bang......tp dy bilang "ntar aku mkn kok steaknya",jadi ilang semangat buat bikin steaknya..(secara mood aku ky kurs dollar, suka naik turun,he..he..) Ya udah aku cuekin ajah deh tuh ayam, biar ngeresepnya mantabh..padahal mah udah pengen kasih kucing ajahhh...
Akhirnya suamiku sampe rumah jam 21.15. Semangatku mulai sedikit naik (ya kira2 30an), aku mulai bakar tuh ayam, dan menatanya di piring agar tampak cantik dan memikat hati (halah jd ngaco) bersama kentang goreng dan sayurannya.
Sudah jadi..tarraaaaa...inilah steak buatan perdanakyu..rasanya lumayanlah, tidak mengecewakan. Akhirnya aku sama suamikuw makan sepiring berdua (biar romantis keliatannya, pdhl mah emang ayamnya cuma ada satu biji...he..he..). Suamiku juga bilang enak, dan seperti kebiasaan yg sudah2, klo aku masak enak suamikuw ngasih hadiah sebuah kecupan...cup..mmuaaahhhhh.......... Ga jadi ngambek deh akyuuu..

Nih aku kasih resepnya...

Bahan :

2 bh fillet dada ayam
2 siung bawang putih,haluskan
3 sdm minyak zaitun
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
5 sdm saus teriyaki
1 sdm cuka beras (tp aku ga pake ini,ga tau bentuknya sih)
1 sdm air jeruk lemon
3 sdm madu
1 sdt lada
2 sdm mentega
1 sdt tepung maizena,cairkan dengan sedikit air

Pelengkap :

Sayuran beku yg direbus, kentang goreng

Cara membuat :
1. Tusuk-tusuk ayam dengan garpu hingga berlubang, lumuri dada ayam dengan lada, garam, minyak zaitun, kecap asin, saus teriyaki, cuka beras, air jeruk lemon dan madu. Diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap ke dalam ayam
2. Panaskan wajan anti lengket berdasar tebal dan bergaris, masukkan mentega hingga leleh. Masukkan ayam, masak hingga kedua sisi ayam berwarna kecoklatan dan matang
3. Panaskan sisa bumbu, kentalkan denga tepung maizena yang sudah dicairkan, aduk rata
4. Hidangkan steak ayam dengan pelengkapnya

0 komentar: